Rencana CME Online Disambut Hangat dalam PIT IDI Sukabumi

Sebagai daerah yang luas wilayah cukup besar, Kabupaten Sukabumi memiliki wilayah yang meliputi pesisir pantai Selatan Jawa Barat yang cukup luas dengan medan yang  cukup berat.   Berbagai infrastruktur yang mendukung, termasuk infrastruktur  bidang kesehatan, terus dipacu untuk dapat memberikan dukungan yang optimal dalam pembangunan daerah khususnya kesehatan masyarakat.     Namun agenda terbesar dari IDI adalah bagaimana menyiapkan  dokter yang berada  di wilayah ini  dengan penduduknya yang tersebar sehingga kompetensi dalam menjalankan profesinya dapat terjaga dan selalu ter-update

Menjawab tantangan tersebut, Ketua IDI Kabupaten Sukabumi, Dr. Aria Firmansyah, beserta jajaran pengurus IDI Kab. Sukabumi  menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan di Hotel Horison paada tanggal 5-7 Mei 2017.    Tema yang diusung dlam PIT kali ini adalah Meningkatkan Kompetensi Dokter di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).   Pertemuan Ilmiah Tahunan ini juga disokong oleh IDI Kota Sukabumi maupun IDI Cianjur.  

Dalam sambutan, Ketua IDI JABAR, Dr Eka Mulyana, SpOT menyebutkan bahwa saat ini penyebaran dokter utamanya di Jawa Barat masih kurang terutama di daerah selatan.  Dari 22 ribu lebih dokter di Jabar kebanyakan berpraktek dan berdomisili di Jabar bagian Utara atau daerah perkotaan.  Oleh sebab itu perlu diupayakan terobosan yang kuat dalam upaya memberikan penunjang yang baik bagi dokter sehingga mau untuk mengabdikan profesinya di wilayah selatan Jabar.  
 
Sambutan yang luar biasa dari para uadiens adalah ketika Ketua IDI Jabar mengemukakan tentang adanya CME Online ke depan dimana fasilitas ini akan memudahkan para dokter  yang menginginkan untuk mengikuti seminar namun tidak bisa hadir.  CME Online akan memudahkan para dokter khususnya yang berada di daerah Selatan Jabar ini karena CME bisa diikuti selama memiliki sinyal internet di tempat manapun.  
 
Sementara itu, Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM, secara khusus mengapresiasi pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Tahunan Kabupaten Sukabumi yang pertama kali diselenggarakan ini.   PIT diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para dokter untuk menangani masalah kesehatan khususnya di Kabupaten Sukabumi.  
 
Reporter: Aria Firmansah 

About the Author: