Pelantikan IDI Cabang Indramayu

Bertempat di Aula BJB Indramayu pada tanggal 22 April 2017 telah dilakukan Pelantikan Pengurus  IDI Cabang Indramayu Masa Bakti 2016-2019  yang diketuai oleh  Dr. Titin Ning Prihatini., MHKes  beserta jajarannya yang dilantik secara langsung  oleh Ketua IDI Wilayah Jawa Barat Dr. Eka Mulyana, SpOT.

Acara pelantikan berlangsung cukup meriah karena dihadiri oleh Bupati Indramayu (Ibu Anna Sophana), para pengurus IDI (35 orang), dokter layanan primer se Indramayu (150 orang), dokter internship (50 orang), para pengrus organisasi profesi lainnya serta para direktur RS pemerintah maupun swasta se Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannnya Bupati Indramayu menekankan pentingnya 5 S dari dokter kepada pasien yaitu Salam Sapa Santun Sopan dan Senyum bagi dokter dalam melaksanakan tugasnya.  Dokter juga diharapkan tidak membeda-bedakan antara pasien kaya atau pasien miskin.  Dokter dalam melaksanakan tugasnya selalulah untuk berkoordinasi dengan IDi dan pemda setempat dalam menjalankan program-program kesehatannya. Adapun dalam sambutannya, Ketua IDI Wilayah Jawa Barat menekankan agar IDI Cabang Indramayu senantiasa dapat membantu progra,-program yang dijalankan oleh pemerintah.

Selain dilakukan pelantikan, pada acara tersebut juga dilakukan simposium dengan tema “ Up Date Kegawatdaruratan Neonatal dan Obstetridalam rangka mendukung program SIBAYU ( Selamat kan Bayi dan Ibu Indramayu )”.  Adapun alasan mengapa program SIBAYU dilakukan adalah karena AKI dan AKB di Indramayu masih cukup tinggi.  Tercatat pada Tahun 2016 Kematian AKI 60 orang dan AKB 314 anak  yang merupakan angka yang masih tinggi dengan jumlah penduduk Indramayu 1.8 juta jiwa.   Diketahui bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator yang peka dan sensitif dalam mengukur derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.  Oleh karena itu IDI ikut membantu program pemerintah mendongkrak angka IPM dengan menurunkan AKI dan AKB dengan program di Tahun 2017 dengan program SIBAYU ( selamatkan bayi dan ibu Indramayu ) melalui program update peningkatan  pengetahuan dokter di layanan primer secara berkesinambungan.

Pembicara yang berpartisipasi dalam kegiatan  Kegawatdaruratan obstertri adalah dr. Siswono SpOG dan yang berbicara dalam Kegawatdaruratan Neonatal adalah dr. Rizal SpA

Selesai melakukan pelantikan, dr Titin memperkenalkan berbagai produk kerajinan para dokter kepada Ketua IDI Wilayah jabar yang memberikan bukti bahwa dokter tidak hanya bertugas dalam pelayanan kesehatan tapi juga dapat memberikan inovasinya dalam pengembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Selamat menjalankan amanah untuk dr Titin dan jajaran Pengurusnya.

About the Author: