IDI Tasikmalaya Miliki Pengurus Baru

Pada hari  Minggu tanggal 7 Mei 2017 telah dilakukan pelantikan Ketua dan Pengurus Baru IDI Cabang Tasikmalaya yang saat ini diketuai oleh Dr. Polar Silumi, SpOG.  Pelantikan dihadiri langsung oleh jajaran Ketua IDI Jawa Barat, Dr. Eka Mulyana, SpOT beserta para staff.  Dalam acara ini hadir pula secara langsung Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman , para pimpinan BPJS Tasikmalaya, dan undangan lainnya.

Walikota juga menitikberatkan kesuksesan program AKI dan AKB yang berhubungan juga dengan tingat kemiskinan di tasikmalaya yang cukup tinggi.  Beliau menekankan bahwa perlu adanya penambahan  fasililtas kesehatan rumah sakit – khususnya untuk pelayanan kelas 3 – di dukung juga dengan sarana prasarana yang memadai.   Tasikmalaya juga diharapkan menjadi pusat rujukan dari daerah Jawa Barat atau Priangan Timur.  Salah satunya dalam waktu dekat ingin mengembangkan bidang radiologi intervensi (cath lab). Namun hal itu semua berpulang pada kesiapan tenaga dokter dimana  pemerataan tenaga medis dokter kususnya di Jawa Barat Selatan harus di dukung oleh sarana prasarana infrastuktur yang memadai.   

Dalam sambutannya Walikota Tasikmalaya mengamati dan mengerti betul profesi dokter di era JKN saat ini dengan segala kendala dan permasalahannya.  Beliau memahami bahwa BPJS tidak boleh masuk ke ranah medis namun hanya bisa masuk dalam  ranah administratif.   BPJS hanya merupakan suatu mitra dimana klaim bisa bersifat fleksibel.

Ke depannya, sesuai dengan pengembangan ke wilayahan di Tasikmalaya, ada wacana  untuk membagi IDI Cabang Tasikmalaya menjadi 2 cabang IDI yaitu IDI Kota Tasikmalaya dan IDI  Kabupaten Tasikmalaya.   

Dalam sambutan yang terpisah Ketua IDI Wilayah Jawa Barat, tidak jauh berbeda menekankan perihal pemerataan tenaga dokter dan tenaga medis serta perlu sarana dan prasarana kesehatan yang memadai. IDI Cabang Tasikmalaya diharapkan dapat berlaku sebagai mitra yang baik dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam pembanguna  dan kesejahteraan di bidang kesehatan.  

Selamat menunaikan tugas untuk Dr Polar dan para sejawat IDI Tasikmalaya. 

Reporter: Andreana

About the Author: